Perjuangan Seorang Ibu Bukan Hanya Lahiran Tapi Sampai Setelahnya

Perjuangan Seorang Ibu Bukan Hanya Lahiran Tapi Sampai Setelahnya

Menjadi ibu bukanlah hal yang mudah. Itu membutuhkan komitmen. Banyak sekali pengorbanan seorang ibu untuk dapat menghidupi dan membesarkan anaknya dan keluarganya. Masa mudanya harus direlakan untuk bisa bertemu denganmu. Merelakan berubah bentuk badannya menjadi tidak seelok dulu, demi bisa mengandung dan lahirkanmu. Bukanlah keputusan yang mudah untuk itu. Jadi kalian sebagai seorang anak, semakin bijaklah mengeluarkan kata kepada ibu kalian. Jangan sakiti hati mereka. Sudah cukup banyak rasa sakit yang mereka alami untuk bisa memberikan kehidupan kepada anda.

Perjuangan Seorang Ibu Bukan Hanya Lahiran Tapi Sampai Setelahnya

Ibu tidak pernah mengeluh kepada anak betapa sulitnya dia lahirkan anda. Dida tidak menceritakan kepada kita detail rasa sakit yang dia alami, kesusahan yang dia alami selama membesarkan kita. Bukan berarti semua yang dia alami lancar-lancar saja. Anda bisa bertanya kepada teman anda yang sudah menjadi ibu, atau anggota keluarga lainnya atau search di google, bagaimana rasanya lahiran. Agar anda memiliki pandangan sesulit apa ibu anda membesarkan anda.

Sehingga anda semakin terbuka lagi pandangan anda akan kesusahan ibu anda. Kadang saat kita marah, tanpa berpikir 2 kali, kita dengan mudah melontarkan kata-kata jahat dan menyakitkan kepada ibu kita. Sehingga tanpa kita sadari, ibu kita menyimpan kata-kata itu. Anda pernah membayangkan betapa besar pengaruh dari kata-kata pedas anda kepada ibu anda? Apalagi ibu yang membesarkan anda sebagai single parent.

Itu bukanlah hal yang mudah. Dia harus berjuang menjadi ibu juga ayah di waktu yang sama. Harus menyeimbangkan perasaan dan logika dalam membesarkan anda. Harus mengurus seisi rumah, membesarkan anda, memenuhi kebutuhan anda, memastikan anda tidak kurang satu apa pun, dan saat anda istirahat dia masih harus bekerja, berpikir harus melakukan apa lagi untuk mendapat pemasukkan untuk menghidupi dirinya dan anda.

Dan memenuhi semua kebutuhan sehari-hari. Meskipun suatu hari anda menjadi orang tua, belum tentu anda bisa sekuat ibu anda yang melakukan semuanya di satu waktu. Jadi besarkan rasa cintamu pada ibumu, bukan ke teman atau pacarmu. Karena ibu adalah orang yang paling berhak mendapatkan perhatian dan kasih sayang ekstra.