Cara Atasi Sesak Napas

Cara Atasi Sesak Napas

Sesak napas termasuk keluhan yang umum. Kondisi tersebut bisa membuat dada terasa nyeri seperti terlilit tali yang sangat kuat. Selain itu, napas juga akan terasa pendek. Setiap orang memiliki cara masing – masing dalam mengatasi sesak napas yang dialami. Akan tetapi terdapat beberapa langkah – langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk kembali bernapas lega.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan dalam mengatasi sesak napas, antara lain

• Duduk Di Kursi

Dengan melakukan istirahat sambil duduk dipercaya dapat membantu dalam melegakan pernapasan serta merilekskan tubuh. Saat dada mulai terasa sesak, usahakan segera mungkin cari kursi untuk duduk dengan posisi kedua kaki memijak lantai. Posisikan dada sedikit condong ke depan serta siku berada diatas kedua lutut. Harap pastikan otot bahu maupun leher agar tetap rileks. Kemudian ambil napas dalam – dalam melalui hidung dan hembuskan secara perlahan.

• Berbaring

Sebagian orang mungkin pernah mengalami sesak napas saat sedang tidur. Tidak hanya memicu rasa tidak nyaman, hal tersebut juga bisa menurunkan kualitas tidur. Saat terbangun karena sesak napas dan masih berada di tempat tidur segeralah mengatur posisi badan dengan berbaring telentang sebagai salah satu cara untuk mengatasi masalah ini. Untuk posisi rebahan tersebut nantinya akan melebarkan saluran udara yang tersumbat sehingga anda dapat kembali bernapas lega.


• Bernapas dengan Hidung dan Mulut

Bernapas melalui mulut termasuk salah satu cara yang cukup sederhana dalam mengatasi sesak napas. Menarik serta membuang napas melalui mulut memungkinkan seseorang untuk mengambil udara lebih banyak. Selain itu dengan membuang napas melalui mulut juga dipercaya dapat melepaskan udara yang terjebak di paru – paru.

Akan tetapi, untuk melegakan pernapasan dengan melakukan cara ini tidak boleh sembarangan.Adapun beberapa cara untuk bernapas melalui mulut guna menghentikan gejala sesak napas, diantaranya
> Usahakan untuk melemaskan otot bahu maupun leher anda
> Ambil napas secara perlahan selama beberapa detik dari hidung
> Kerucutkan bagian bibir seolah – olah ingin bersiul
> Kemudian, buanglah napas secara perlahan melalui mulut

Anda bisa menggunakan cara tersebut kapan dan di mana saja setiap kali merasakan sesak di bagian dada. Terutama ketika naik tangga, mengangkat benda berat ataupun membungkuk.