Mineral dan Vitamin Untuk Tulang Keropos

Mineral dan Vitamin Untuk Tulang Keropos

Mungkin konsumsi berupa obat – obatan yang dianjurkan oleh dokter tidaklah cukup untuk menguatkan tulang keropos yang disebabkan oleh osteoporosis. Terkadang juga diperlukan asupan mineral dan vitamin guna membantu tulang keropos untuk memperoleh gizi secara optimal agar tetap sehat.

Berikut beberapa daftar mineral dan vitamin terbaik untuk tulang keropos, diantaranya

• Magnesium

Magnesium termasuk salah satu mineral yang berperan dalam membuat gigi serta tulang agar tetap kuat. Untuk mereka yang mengalami osteoporosis, dengan konsumsi berupa makanan ataupun suplemen yang memiliki kandungan magnesium umumnya sangat dianjurkan.

Mineral tersebut nantinya akan bekerja sama dengan kelenjar tiroid guna memproduksi hormon sebagai penguat tulang. Tidak hanya itu, hormon paratiroid juga dapat membantu dalam mengendalikan kerusakan pada tulang. Sayuran berdaun hijau tua, tofu, kacang – kacangan, roti gandum, dark chocolate, alpukat dan juga pisang merupakan makanan yang kaya akan magnesium.

• Kalium

Menurut sebuah penelitian yang dilansir dalam Jurnal Osteoporosis International, mengungkapkan bahwa kalium dapat berperan penting dalam menjaga kepadatan mineral pada tulang. Dalam penelitian tersebut juga diungkapkan bahwa wanita pascamenopause yang mengonsumsi makanan tinggi kalium mempunyai kepadatan mineral tulang yang lebih banyak. Hal tersebutlah yang menyatakan bahwa kalium dipercaya dapat berperan penting dalam menurunkan keparahan osteoporosis.

Selain itu, kalium juga dapat membantu dalam melindungi simpanan kalsium pada tulang yang bekerja dengan melakukan penyerapan terhadap kalsium di bagian usus. Ini dilakukan agar nantinya kalium tidak terbuang melalui urine.

• Vitamin C

Berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan melalui British Journal of Nutrition dijumpai fakta bahwa vitamin C dapat berperan dalam menurunkan risiko osteoporosis dan juga patah tulang pinggul. Hasil dari penelitian tersebut juga disebutkan bahwa vitamin C bisa menjadi salah satu tambahan suplemen yang dikonsumsi bersamaan dengan sejumlah obat – obatan untuk tulang keropos.

Usahakan untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum memutuskan mengonsumsi vitamin C sebagai pengobatan tulang keropos. Hal tersebut agar nantinya tidak mengganggu pengobatan utamanya. Selain diperoleh dari suplemen, vitamin C tersebut juga banyak dijumpai dalam sejumlah makanan, seperti jambu biji, stroberi, mangga, jeruk, kiwi dan juga nanas.

Tinggalkan Balasan