Makanan Terbaik Untuk Pasien Herpes Oral

Makanan Terbaik Untuk Pasien Herpes Oral

Herpes oral atau cold sores termasuk salah satu penyakit yang diakibatkan oleh virus HSV-1 ( Herpes simpleks ). Umumnya herpes oral akan menyerang bagian bibir ataupun mulut dengan ditandai munculnya lepuhan kecil.

Rasa gatal serta menyengat yang muncul akibat lepuhan tersebut sering membuat para pasien tidak nyaman. Namun, tidak perlu khawatir, terdapat beberapa jenis makanan yang dipercaya bisa membantu dalam mempercepat ataupun meringankan penyembuhan terhadap penyakit herpes oral, diantaranya

• Makananan Yang Memiliki Kandungan Quercetin

Herpes merupakan penyakit menular yang diakibatkan oleh infeksi virus. Kabar baiknya, terdapat beberapa senyawa dalam makanan yang mengandung sifat antivirus sehingga diharapkan bisa memberikan efek berupa hasil terhadap pencegahan virus tersebut.

Senyawa yang dimaksud yakni flavonoid, selain itu ia juga dapat disebut dengan bioflavonoid. Flavonoid adalah senyawa alami yang dapat memberikan warna – warna cerah pada sayuran dan juga buah – buahan. Warna tersebut juga bisa membantu melindungi tanaman dari serangga dan juga mikroba.

Quercetin termasuk salah satu jenis flavonoid yang bisa dijumpai pada makanan sehingga dipercaya dapat menghambat replikasi virus akibat herpes oral. Anda dapat memperoleh asupan tersebut dari anggur merah, buah ceri, apel dan juga beri.

• Makanan Yang Kaya Akan Vitamin E dan Vitamin C

Kandungan antioksidan pada vitamin E dan vitamin C bisa berperan dalam menjaga tubuh dari berbagai serangan penyakit. Tidak hanya itu, vitamin E juga diyakini dapat berpotensi memperbaiki kulit yang disebabkan oleh melepuhnya bekas luka. Walaupun sampai saat ini penelitiannya masih sangat terbatas mengenai hubungan antara luka herpes dengan vitamin E namun tidak ada salahnya untuk menambahkan asupan tersebut.

Untuk vitamin E dapat diperoleh dari minyak sayuran, bayam dan juga alpukat. Sementara, anda bisa mendapatkan asupan vitamin C dari paprika, stroberi serta jeruk.

• Makanan Yang Mengandung Lisin

Menurut beberapa penelitian mengungkapkan bahwa asupan berupa asam amino dapat membantu dalam mengurangi serta mencegah gejala herpes oral, salah satunya yakni asam amino jenis lisin. Umumnya kandungan lisin dapat dijumpai dalam suplemen ataupun krim pemakaian luar, tetapi lisin juga bisa diperoleh dari sejumlah makanan yang dikonsumsi, seperti produk susu, ikan, daging sapi, telur dan juga daging ayam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *