10 Manfaat Daun Tapak Liman Untuk Kesehatan

Tapak liman jenis rumput liar sering tumbuh di pekarangan rumah, tegalan atau di sawah. Ciri – ciri daun tapak liman mempunyai 6 helai daun yang berkelopak spatulate dan ujungnya membulat.

10 Manfaat Daun Tapak Liman Untuk Kesehatan
10 Manfaat Daun Tapak Liman Untuk Kesehatan

Daun tapak liman sering dijadikan obat herbal, mengandung senyawa bioaktif juga minyak esensial yang dapat mengatasi penyakit dalam tubuh. Berikut ini beberapa manfaat daun tapak liman untuk kesehatan tubuh :

1. Mengatasi Batuk

Akar juga daun tapak liman digunakan mengatasi gejala batuk sudah parah. Merebus akar dan daun tapak liman lalu diminum juga digosokkan pada tenggorokan.

2. Anti Inflamasi

Daun tapak liman mengandung antiinflamasi yang dapat mengatasi radang sendi juga gangguan peradangan lainnya.

3. Mengurangi Resiko Pembekuan Darah

Daun tapak liman dapat digunakan sebagai obat yang dapat memecah gumpalan darah dalam tubuh juga gumpalan darah yang ada pada pembuluh darah atau jantung.

4. Mengatasi Diare

Daun tapak liman dapat direbus untuk mengatasi diare, juga dapat mengatasi gangguan lambung, disentri, muntah darah juga penyakit tuberkulosis.

5. Menjaga Kesehatan Hati

Mengandung anti hepatotoksik dapat bermanfaat menjaga hati dari kerusakan, selain itu pada daun tapak liman mengandung juga etanol yang dapat bermanfaat melindungi kesehatan hati. Ekstrak tapak liman juga dapat membersihkan radikal bebas dalam tubuh.

6. Menjadi Antiseptik

Daun tapak liman mengandung antiseptik yang dapat mengatasi luka juga mengurangi efek demam.

7. Antimikroba

Daun tapak liman tanaman herbal dapat digunakan sebagai anti mikroba, dan berperan memperlambat juga menghentikan mikroba. Penyakit yang disebabkan mikroba seperti, batuk, pilek, flu dapat diatasi dengan mengonsumsi daun tapak liman dengan cara merebus daun tapak liman tersebut atau juga bisa mengonsumsi ekstrak dari tapak liman.

8. Mencegah Kanker

Daun tapak liman dpat mencegah penyakit kanker yang mengandung deoxyelephantopin, scabertopin, isodeoxyelephantopin yang bermanfaat menjadi anti kanker.

9. Antioksidan

Daun tapak liman mengandung antioksidan alamin yang dapat mencegah serangan radikal bebas.

10. Mencegah diabetes

Daun tapak liman dapat mengurangi kadar gula juga menyeimbangkan kadar insulin dalam tubuh sehingga baik digunakan untuk mencegah diabetes.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *